M06: Aspek Pasar dan Pemasran


1. Aspek pertama yang perlu dianalisis dalam studi kelayakan bisnis adalah:

Jawaban: c. Aspek pasar dan pemasaran

Penjelasan:
Aspek pasar dan pemasaran dianalisis terlebih dahulu karena menentukan apakah ada permintaan untuk produk atau layanan yang ditawarkan. Jika tidak ada pasar, maka aspek lainnya (finansial, teknis, legal) menjadi tidak relevan.

2. Metode pengumpulan data primer dalam analisis pasar adalah:

Jawaban: c. Survei konsumen

Penjelasan:
Data primer diperoleh langsung dari sumber utama melalui metode seperti survei, wawancara, atau observasi. Survei konsumen adalah metode langsung untuk mengetahui preferensi dan perilaku pasar.

3. Yang bukan merupakan komponen dari bauran pemasaran (marketing mix) adalah:

Jawaban: b. Persaingan

Penjelasan:
Marketing mix terdiri dari 4P: Produk, Harga, Tempat (Place), dan Promosi. Persaingan adalah faktor eksternal yang dianalisis dalam lingkungan industri, bukan bagian dari bauran pemasaran.

4. Analisis Lima Kekuatan Porter tidak mencakup:

Jawaban: b. Analisis SWOT

Penjelasan:
Lima Kekuatan Porter mencakup:

  1. Kekuatan tawar pembeli

  2. Kekuatan tawar pemasok

  3. Ancaman pendatang baru

  4. Ancaman produk substitusi

  5. Persaingan antar perusahaan

SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) adalah alat analisis lain yang berbeda dari Porter.

5. Strategi penetapan harga "skimming" cocok diterapkan untuk:

Jawaban: c. Produk inovatif dengan sedikit pesaing

Penjelasan:
Strategi skimming menetapkan harga tinggi saat produk diluncurkan, menarget konsumen yang bersedia membayar lebih untuk produk baru atau unik. Cocok untuk produk inovatif, karena belum banyak kompetitor dan pasar masih belum sensitif harga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT Clozygo

M05: Konsep dan Fungsi Aspek Produk, Teknis, dan Teknologi dalam Perancangan Perusahaan

M02: Analisis Perancangan Perusahaan dan Proyek